Halaman

Senin, 13 Februari 2012

Agar Makanan (Gorengan) Menjadi Renyah dan Tahan Lama

Bukan hanya dalam dunia bisnis saja kita memerlukan trik dan strategi dalam pemasaran. Dalam dunia dapurpun kita juga membutuhkan trik dan strategi agar makanan yang kita buat 'laris manis' disantap keluarga. Banyak resep-resep yang ditawarkan baik melalui media elektronik maupun media cetak. Tak mau ketinggalan pula, seorang ibu rumah tangga yang pandai memasakpun berinisiatif menerbitkan buku-buku resep masakan untuk berbagi ilmu dalam dunia asap.

Saya sendiri termasuk salah satu perempuan yang suka menghabiskan waktu di dapur. Meskipun kadang rasanya masih amburadul dan belum pas tapi semangat saya tidak kalah dengan kobaran api yang disemburkan melalui saluran gas LPG. Bukankah belajar itu juga membutuhkan proses? Saya tidak yakin jika rasa masakan itu tergantung 'tangan' yang memasak, saya yakin selama kita berusaha untuk menjadi lebih baik pasti bisa melakukannya.

Tempe goreng sepertinya menjadi menu favorit di keluarga saya. Selain karena faktor hemat namun juga karena kami semua memang menyukainya. Tempe goreng jika disajikan dalam keadaan hangat akan terasa lebih nikmat dan menggoda selera. Namun, bagaimana jika tempe goreng sudah dalam keadaan dingin? Tentu kenikmatannya sedikit berkurang meskipun kita tetap akan memakannya. Nah, teman-teman disini saya akan berbagi tips agar gorengan yang kita goreng tidak mudah 'lemes' atau tetap renyah meskipun sudah dalam keadaan dingin.

Untuk gorengan tempe, saat membuat bumbu tempe dengan racikan yang pas antara garam, ketumbar, bawang dan sedikit kunyit, campurkan sedikit kapur sirih pada bumbu tersebut. Kapur sirih juga dapat diganti dengan soda kue. Kapur sirih dan soda kue sama-sama bisa membuat gorengan lebih renyah. Rendam tempe dalam bumbu yang telah dicampur dengan sedikit air. Kemudian goreng hingga kecoklatan. InsyaaAllah, tempe goreng akan lebih 'kriuk' meskipun sudah dingin.

Kemudian, untuk mendapatkan kentang goreng renyah caranya tidak jauh berbeda dengan cara di atas. Kentang dikupas kemudian dipotong-potong memanjang, cuci hingga bersih. Rendam kentang yang telah dicuci ke dalam air yang telah diberi campuran garam dan kapur sirih (bisa juga dengan soda kue) selama 1-2 jam. Diberi garam supaya kentang goreng terasa lebih gurih. Setelah 2 jam, angkat kentang ke dalam wadah berlubang agar airnya mudah pergi. Keringkan kentang kemudian goreng dengan minyak mendidih hingga kentang terendam. Jika sudah setengah matang, tiriskan kentang, diamkan sebentar kemudian digoreng lagi. Jika kentang sudah renyah, angkat dan tiriskan kentang. Kentang siap untuk disajikan dan insyaaAllah kentang goreng akan menjadi lebih renyah. Menggoreng sukun yang dibuat stik sama caranya dengan menggoreng kentang.

Nah, teman-teman selamat mencoba ya tips sederhana ini. Dijamin deh, masakannya pasti laris manis dan segera ludes dari meja makan. Kepuasan seseorang dalam mengolah makanan adalah ketika makanan yang kita masak habis dimakan semua orang.

sumber gambar: http://trikokmemasak.blogspot.com

18 komentar:

  1. trimakasih infonya tips nya sangat membantu........

    BalasHapus
  2. sis...brp takaran untuk kapur sirih/baking soda nya....thx

    BalasHapus
  3. trimz ya mbak....

    BalasHapus
  4. berapa takaran untuk baking sodanya? bls

    BalasHapus
  5. maaf ya , tahannya berapa lama tuh . tks infonya. firman

    BalasHapus
  6. berapa lama ya, tahannya. trims firman

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. apakah kapur sirih gak berbahaya bagi makanan, terimakasih ya tipsnya.

    BalasHapus
  9. Sangat membantu slali. Trimaladih tipsnya. Salam senyum sulses sehat selalu

    BalasHapus
  10. Mba kalau mau bikin kentang krispi kan pakai tepung , gimana caraya agar setelah disimpan lama tetap krispi, mohon bantuanya,

    terimakasih

    BalasHapus
  11. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa....
    Kami menjual Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Asep 081281774186
    085793333234
    Padalarang- Bandung Barat

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu. Terimakasih

    BalasHapus