Halaman

Rabu, 01 Februari 2012

Madu Sebagai Pembasmi Komedo

Sebagai seorang perempuan, wajar jika menginginkan memiliki wajah bersih, putih serta tampilan kulit yang cerah. Saya sendiri acapkali menginginkan wajah yang bersih berseri. Bukan berarti saya tidak bersyukur atas apa yang telah Allah berikan berupa nikmat badan dan tubuh yang sempurna. Namun, menjaga dan memelihara dengan baik pemberian Allah itu juga penting bukan? ( ini sih saya yang ngeles, ndak tau bener atau ndak..hehehee ). Problem yang saya resahkan dan membuat saya tidak bisa tidur adalah seputar komedo yang kerap menghiasi wajahku ini ( halah … ini sih diperlebay ). Saya pun beriseng ria menelisik tentang komedo, berikut adalah hasil yang saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya.

Pada dasarnya komedo adalah jenis jerawat yang menghiasi wajah, jenis komedo yang satu ini memiliki dua jenis yakni komedo yang terbuka (blackhead) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Warna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi oleh udara. Jenis komedo yang satunya adalah komedo yang tertutup (whitehead), memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit.

Penyebab timbulnya komedo lebih banyak disebabkan oleh sel sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Hal ini karena wajah tidak rajin dibersihkan sehingga sel sel kulit mati menumpuk dan minyak di permukaan kulit menutup sel sel kulit kemudian terjadilah penyumbatan. Hayooo … siapa diantara teman-teman yang tidak rajin membersihkan wajah? Saya ngacung pertama kali. Hehehee. Jadi jangan protes jika komedo banyak berkeliaran di sekitar hidung saya. Konon, daerah sekitar hidung adalah tempat bersemayamnya minyak di wajah. Selain itu, make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak juga berperan dalam memperparah timbulnya komedo.


TIPS MENGHILANGKAN KOMEDO SECARA ALAMI

Sangat sulit memang mencari salon-salon kecantikan khusus untuk wanita. Bilapun ada, tempatnya kurang tertutup. Komedo tidak selamanya harus dibersihkan di salon dengan perawatan facial, piling atau scrub. Kita pun dapat melakukan perawatan kecantikan di rumah. Memakai bahan yang alami, tidak membutuhkan biaya banyak dan aman lagi tanpa takut terlihat oleh orang lain. Jika melakukan perawatan di salon, sebagian besar bahkan hampir semua produk perawatannya mengandung kadar bahan kimia yang tinggi. Pengelupasan merupakan langkah penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Ini membantu menyingkirkan kulit mati yang menimbun di pori-pori kulit penyebab komedo dan jerawat. Hmmm ..
Nah, teman-teman dan saudaraku sesama muslim, saya akan berbagi beberapa tips untuk menghilangkan komedo secara alami dan mudah didapat di sekitar kita. Kita tinggal memilih mana yang kita inginkan.
  • Hindari penggunaan kosmetik yang banyak mengandung minyak yang dapat meningkatkan peluang terjadinya komedo.
  • Berikan uap pada wajah setidaknya seminggu sekali. Caranya, tempatkan wajah di atas mangkuk berisi air mendidih agar uap air menyentuh kulit wajah.
  • Gunakan campuran madu dan gula untuk melakukan scrubbing, hal ini akan menghilangkan komedo sekaligus melembutkan kulit karena madu berfungsi sebagai pelembab alami sekaligus mengangkat komedo. Hangatkan sedikit madu lalu oleskan pada wajah yang berkomedo. Cuci wajah setelah 10 menit.
  • Lembabkan wajah dengan menempelkan kain basah hangat setiap malam selama 15 menit. Ini akan mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran dan partikel lainnya yang menyumbat pori-pori. Setelah digunakan, rebus kain dalam air mendidih untuk membunuh kuman dan bakteri.
  • Membuat masker sendiri dengan campuran air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Oleskan pada wajah selama beberapa menit. Ini tidak hanya akan membantu mengurangi komedo tetapi juga menyingkirkan noda hitam bekas jerawat pada wajah.
Tips-tips di atas jika dilakukan secara konsisten maka akan membuahkan hasil yang maksimal. Ingat, jangan sekali-kali memencet komedo ataupun jerawat dengan kuku. Bukannya menjadikan wajah terlihat lebih bersih justru meninggalkan noda-noda hitam dan iritasi akibat pemencetan.

sumber : disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar