Halaman

Rabu, 11 Januari 2012

Buah Pampakin, Saudara Kembar Buah Durian


Buah elai atau ada yang menyebutnya buah pampakin adalah saudara kembar buah durian. Sekilas pandang pasti orang-orang akan menebak buah elai/ pampakin adalah buah durian. Dari luar, buah ini tidak ada bedanya dengan buah durian. Bentuk dan kulit durinya sama persis dengan buah durian.

Buah yang hanya ditemui di Kalimantan ini tidak/ belum ditemukan di daerah lain. Yang membedakan buah elai/ pampakin dengan buah durian adalah daging buahnya yang berwarna orange atau kuning telur yang sangat khas dan menggoda selera jika Anda melihatnya. Rasanya sangat manis dan lembut. Lain dengan durian yang mengeluarkan bau sangat menyengat, buah ini tidak mengeluarkan bau sama sekali. Jadi, jika Anda seorang penikmat durian namun tidak suka dengan baunya, buah ini bisa menjadi alternatif pengganti durian. Dan, jika kita memakan buah ini dalam jumlah banyak sekalipun tidak menimbulkan efek samping. Beda saat kita memakan buah durian dalam jumlah yang banyak, sebagian kita akan merasakan pusing bahkan sampai ada yang nge-drop meriang.

koleksi foto Mba Ani

Ada yang saya sayangkan dengan buah elai/ pampakin ini. Yakni, buah ini tidak saya temui di pulau Jawa. Ahh.. saya jadi teringat teman saya, Mba Ani Kesumawati yang tinggal di Tarakan. Pastilah ia bisa dengan mudah menemukan dan memakan buah ini karena setahu saya buah ini hanya ditemui di pulau Kalimantan.

2 komentar:

  1. hahaha.. makasih ya?
    Ayuuuk ke Kalimantan.. ini musimnya loh, buahnya dapat di temui di sepanjang jalan antara Balikpapan dan Samarinda. Tapi berhubung sekarang aq tinggal di Bontang, wah buah ini masih langka.. harganya mahal banget, bisa tuh 1 bijinya Rp.60.000,-. Ga tau kalo dah banjir elai harganya berapa di Bontang. Nah, kalo di Tarakan bisa 1 bijinya Rp. 5000,- kl musim.. hmmm.. yummy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baru makan sekali mbak, itu aja dibawain ma sodara, udh dikuliti di tupperware, gag liat kulitnya.. hehhee..

      wahhhh .. pingiiiiiiiiiiinn .. nabung dulu buat kesana, asiiikk ...

      Hapus